Wabup Cegah Konflik,Dengan Melibatkan Tokoh Masyarakat. - Faktapagi.com

Selasa, Juni 13, 2023

Wabup Cegah Konflik,Dengan Melibatkan Tokoh Masyarakat.

 


Wabup saat menyampaikan sambutan saat pembukaan PGD,Selasa (13/06/2023) di Aula Hotel Vinca.

SEKADAU-FAKTAPAGI.COM.Wakil bupati (Wabup) Sekadau Subandrio SH.MH  membuka kegiatan Focus Group Diskrifision (FGD) atau pencegahan konflik sosial bersama Kapolres Sekadau dan Dandim 1204 Sanggau-Sekadau pada, Selasa (13/06/2023) di Aula Hotel Vinca Borneo.

Dalam sambutannya Wabup mengatakan, faktor keamanan merupakan modal utama dalam pembangunan.Sebab menurut dia, jika kondisi suatu daerah tidak aman maka investor tidak akan mau menanamkan modalnya di daerah konflik.

"Investor tak akan mau menanamkan modalnya di wilayah konflik" kata Wabup. 

Mengenai dia, konflik memang ada juga beberapa penyebab.Tapi faktor penyebab terjadinya konflik biasanya adalah persoalan ekonomi atau kesejahteraan. Karena kalau masyarakat kita ekonominya sejahtera konflik pasti berkurang.Di Sekadau sambung Subandrio,sejak dimekarkan tahun 2003 tak pernah ada konflik SARA. Karena kita pada umumnya masih satu keturunan dan peran tokoh masyarakat masih sangat sentral. 

"Saya juga berharap kalau ada masalah harus diselesaikan secara berjenjang (RT/RW, kemudian tingkat Desa, dan tingkat kecamatan," kata Suban.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Dandim 1204 Sanggau-Sekadau Letkol.Inf Putra Andika Trihatmoko.

Dalam sambutannya mengatakan, cara yang paling ampuh untuk mencegah konflik adalah pencegahan dengan melibatkan tokoh lintas sektoral.

"Cara ampuh untuk mencegah terjadinya konflik adalah melibatkan para tokoh agama," kata Dandim.

Sementara itu, Kapolres Sekadau AKBP Suyono dalam paparannya menyebutkan, Ada  beberapa jenis konflik sosial, antara lain konflik individu, konflik parsial/ kelompok,konflik sara, dan lain- lain kata AKBP Suyono.

"Banyak konflik yang disebabkan oleh Sara serta konflik kekuasaan," katanya.

Kegiatan tersebut dihadiri ketua DAD, ketua MABM, ketua MABT, ketua FKUB, ketua POM, para kades dan para undangan lainnya.(tar).

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments