Makan Ikan Bisa Cegah Stunting, Ayo Makan Ikan. - Faktapagi.com

Minggu, Juli 30, 2023

Makan Ikan Bisa Cegah Stunting, Ayo Makan Ikan.


Kegiatan sosialisasi Gemarikan pekan lalu di kantor desa Seberang Kapuas.

SEKADAU-FAKTAPAGI.COM. Dinas Ketahanan Pangan, Perkebunan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK kabupaten Sekadau mengelar kegiatan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) acara tersebut mengambilnya tempat di Kantor Desa Seberang Kapuas, Kecamatan Sekadau Hilir pekan lalu.

Dalam sambutan ketua TP.PKK kabupaten Sekadau Ny.Magdalena Susilawati Aron,SP dalam sambutan mengatakan, bahwa kegiatan kampanye GEMARIKAN ini adalah yang ke 3 kali,yang pertama di Kecamatan Nanga Taman, kedua Belitang Hilir dan ketiga di kecamatan Sekadau hilir desa Seberang Kapuas. Masih dikatakan dia, kegiatan ini sejatinya program pemerintah pusat yang dialas oleh setiap kabupaten/kota, sehingga seluruh kabupaten /kota untuk mensosialisasikan ke lapisan masyarakat, tujuannya agar anak gemar mengkonsumsi Ikan.

Acara yang bertajuk "Ayo Makan Ikan Agar Anak Sehat, Kuat dan  Ceria" merupakan ajakan pada kampanye Gemarikan dengan harapan setelah adalah kampung ini bisa meningkatkan konsumsi dan mengenal produk olahan Ikan.

"Kampanye disini merupakan sebuah ajakan, jika tidak diperkenalkan sejak dini, maka anak tidak mau makan ikan,"katanya.

Menurut dia, orang barat terbiasa makan roti, begitu juga dengan kita harus biasa makan ikan. Saat ini tambah dia, jika anak-anak masih kecil, maka tim akan memberikan Ikan dalam bentuk olahan bakso.

"Saya berharap tata ulang asupan gizi, ubah pola dalam memberikan makanan untuk anak-anak kita. Jangan terbiasa memberikan mereka makanan Indomie setiap hari"sarannya.

Sementara itu ditempat yang sama Ibrahim Yemi kepala desa dalam sambutannya mengatakan, bahwa hari ini ada pembagian paket berisi Telur, Susu, Bakso Ikan dan Nugget untuk anak berkebutuhan khusus. Sedangkan di desa ini ada kurang lebih 64 Bayi dibawah Lima Tahun.

"Saya berharap dengan diberikan kepada anak, dan secara bertahap memberikan paket tersebut di Posyandu," katanya.

Mudah-mudahan dengan adanya program seperti ini bisa menurunkan angka stunting di desa Seberang Kapuas.

Hadir dalam kegiatan tersebut Zulkifli Camat Sekadau Hilir,Bhabinkamtibmas, Danramil, TP. PKK dan kepala DKPPP Drs,Samdae, Kabupaten Sekadau.(tar).

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments