Resmikan Kantor Desa Dan Deklarasi ODF, Bupati Katakan Ini. - Faktapagi.com

Selasa, Juli 11, 2023

Resmikan Kantor Desa Dan Deklarasi ODF, Bupati Katakan Ini.

 

Penguntingan Vita oleh Bupati Sekadau Aron sebagai tanda peresmian kantor desa Tapang Tingang (11/07/2023) di Tapang Tingang.

SEKADAU-FAKTAPAGI.COM. Bupati Sekadau Aron, SH meresmikan kantor desa Tapang Tingang sekaligus Deklarasi Open Defecaption Free (ODF) desa Tapang Tingang, Selasa (11/07/2023) di Tapang Tingang.

Dalam arahannya Bupati mengatakan, bahwa saat ini Water Closed (WC) adalah suatu yang menjadi kebutuhan utama bagi keluarga. Karena untuk menjadi keluarga sehat setiap rumah harus memiliki Jamban. Setelah ada WC gunakan dengan baik jangan Buang Air Besar Sembarangan (BABS) lagi, karena sudah ada jamban di rumah masing-masing.

"Jangan setelah deklarasi hari ini besok lalu kembalikan buang air sembarangan lagi,Jagan sampai terjadi lagi, pesan Aron.

Sebab lanjut dia, kesehatan berawal dari diri kita sendiri, jika masih saja buang air besar sembarangan dampaknya tentu terhadap kesehatan keluarga, apalagi jika ada anak Balita.

Masih dikatakan dia, kepada perangkat desa setelah dibangun kantor desa yang baru, harapannya agar pelayanan kepada masyarakat semakin baik dan nyaman, karena menurut Aron, setiap hari pasti ada masyarakat yang berurusan di kantor desa, makanya jangan sampai kantor desa buka sekali seminggu sehingga warga yang berurusan terkendala.

"Saya berharap setelah ada kantor baru pelayanan desa Tapang Tingang semakin baik dan lancar," pesan Aron.

Dikatakan dia lagi, pemerintah daerah sudah mencanangkan program jitu tahun depan, yang mana rencananya setiap kecamatan harus ada kawasan pertanian, artinya terfokus pada satu tempat tidak lagi lokasi pertanian terpencar disana-sini. Kita bersyukur pasokan sayur di pasar sudah hampir di suplai dari petani kita, hanya yang masih butuh pasokan dari luar hanya Ikan.

"Ini yang akan kita cari solusinya,saat ini pemerintah sudah menyiapkan bibit yang baik bagi peternak Ikan," kata Aron.

Saat ini pertumbuhan ekonomi di kabupaten Sekadau sangat baik, bahkan tertinggi di provinsi Kalimantan Barat, baiknya pertumbuhan ekonomi tentu di dorong oleh sektor pertanian. Hal ini wajar karena 80 persen masyarakat Sekadau memang mengandalkan sektor pertanian

Sementara itu Sabas, S.IP kepala Dinas Pemberdayaan Pemerintah Desa dalam arahannya mengatakan, bahwa banyak sekali usulan pihak untuk dibangun kantor baru, bahkan semua desa menginginkan kantor. Namun, sebenarnya pelayanan yang baik bukan diliat dari megahnya kantor, terpenting, baiknya pelayanan yang diberikan oleh staf desa kepada masyarakat.

"Untuk pembangunan kantor ini pemerintah daerah mengeluarkan dana sekitar Rp.200.juta rupiah sisanya ditambah dari desa," ungkapnya.

Ditempat yang sama Camat Nanga Taman Gunawan dalam sambutannya mengatakan, bahwa peresmian kantor desa dan Open Defecaption Free (ODF) desa Tapang Tinggi menjadi desa yang 12 dari 13 desa di kecamatan Nanga Taman. Artinya sisa satu desa saja lagi di kecamatan Nanga Taman yang belum ODF yakni desa Senangak.

Namun, lanjut dia, desa Senangak juga sudah mempersiapkan diri, rencananya bulan Juli ini desa Senangak juga akan mengelar Deklarasi ODF.

"jika semua desa sudah artinya kecamatan Nanga Taman menjadi kecamatan pertama yang sudah 100 persen desanya ODF," ungkapnya.

Sementara itu Soni Uak kepala Desa Tapang Tingang dalam paparannya mengatakan, dirinya bersama seluruh perangkat desa dan masyarakat Tapang Tingang mengucapkan terima kepada semua pihak yang telah terlibat langsung atau tidak terhadap suksesnya kegiatan Deklarasi ODF dan peresmian kantor desa.

"Terimakasih saya ucapnya kepada semua pihak yang sudah terlibat langsung terhadap suksesnya kegiatan ODF dan Perdes kantor desa ini,' ucap Kades.

Hadir pada acara tersebut wakil ketua DPRD Handi, serta anggota DPRD kabupaten Sekadau, Hasan, Yohanes Ayub, Paulus Subarno, Oki Polsek Nanga Taman, Danramil Nanga Taman, serta beberapa pegawai dari Dinas Kesehatan,.kepala Puskesmas.Nanga Taman, Timang Kaseh, WVI serta seluruh kades se-kecamatan Nanga Taman (tar).

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments