Tutup Gawai Dayak, Bupati Apresiasi Panitia Dari Sub Suku Kerabat. - Faktapagi.com

Minggu, Juli 23, 2023

Tutup Gawai Dayak, Bupati Apresiasi Panitia Dari Sub Suku Kerabat.


Foto bersama usai pemukulan Gong oleh bupati sebagai tanda penutupan rangkaian kegiatan PGD ke XII, Sabtu (22/07/2023) di Betang Youth Center Sekadau.

SEKADAU-FAKTAPAGI.COM. Bupati Sekadau Aron, SH didampingi wakil bupati Sekadau Subandrio,SH.MH menutup semua rangkaian kegiatan Pekan Gawai Dayak (PGD) ke XII, Sabtu (22/07/2023) di Betang Youth Center malam.

Dalam arahannya bupati mengatakan, bahwa semua rangkaian kegiatan PGD ke XII yang di kordinir.okehbsub suku Kerabat berjalan dengan baik dan lancar. Artinya tidak ada kendala sedikit pun dari awal sampai akhir kegiatan.

"Saya sangat mengapresiasi sekali kepada sub suku Kerabat atas suguhan semua rangkaian kegiatan berikut ritual adatnya sangat menarik," kata Aron.

Masih dikatakan Aron, ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yakni DAD kecamatan dan seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Gawai yang telah menyukseskan kegiatan akbar bagi suku Dayak ini. Karena PGD yang dilaksanakan di kabupaten merupakan acara puncak dari kegiatan Gawai di kampung-kampung. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada pihak kepolisian dan TNI yang sudah bersusah payah mengamankan semua rangkaian kegiatan Gawai.

"Terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut serta menyukseskan kegiatan Gawai Dayak yang ke XII, semoga kedepannya acara ini lebih baik lagi," ingatnya.

Sementara itu Lazarus salah seorang anggota DPR RI dari komisi V dalam sambutannya mengatakan, dirinya memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah kabupaten Sekadau atas atensinya terjadi kegiatan Gawai Dayak. Dari semua kabupaten yang ada kabupaten Sekadau terbaik dalam penyelenggaraan Gawai Dayak.

"Saya mengapresiasi kepada pemerintah daerah kabupaten Sekadau atas perhatiannya kepada kegiatan Gawai Dayak, pemerintah daerah memberikan perhatian penuh terhadap semua kegiatan Gawai," katanya.

Dikatakan dia lagi, saat ini ia akan terulang berupaya agar infrastruktur wilayah timur provinsi Kalimantan Barat semakin baik, terutama jalan negara saat beberapa ruas jalan sudah dilebarkan, hanya saja masih bertahap mudah-mudahan tahun 2024 ruas jalan negara Sintang-Sekadau bisa dilebarkan semua.

"Agar bisa selesai kini pihaknya tengah mencari formulasi agar pengerjaan secara multi years, agar bisa cepat tembus jalan yang sudah dilebarkan dai Sintang -Sanggau," katanya.

Kini pihaknya juga tengah menyiapkan pembangunan asrama Seminari di kabupaten Sekadau, tujuannya agar penerima siswa Seminari tidak kesulitan karena sudah ada tempat, dengan pagu dana kurang lebih 9 Milyar.

Ditempat yang sama ketua Dewan Adat Dayak Jefray Raja Tugam dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan PGd tahun ini di koordinir oleh sub suku Kerabat.Secara umum kata dia kegiatan Gawai ini berjalan baik dan lancar, jika hal-hal kecil yang terjadi adalah hal yang wajar, karena banyak pengunjung yang di pengaruhi oleh minuman tentu terkadang agak hilang kesadarannya.

"Namun secara umum pelaksanaan PGD ke XII sukses dan lancar," kata Jefray.

Bagi yang belum bisa jadi juara lanjut dia, harap berlatih lebih giat lagi, agar tahun depan bisa ikut lomba lagi, bagi yang menjadi juara tetap rendah hati, terus berlatih agar bisa bertanding di tingkat yang lebih tinggi yakni pada PGD tingkat provinsi. Sebab, lanjut dia, para pemenangnya pada lomba gawai Dayak tahun di Sekadau akan kita ikut sertakan sebagai tim dari DAD kabupaten Sekadau pada PGD provinsi Kalimantan Barat tahun depan.

"Bagi yang belum beruntung, jangan patah semangat terus berlatih, dan selamat bagi para pemenangnya lomba," katanya.

Hadir para acara tersebut wakil bupati seleksi Subandi, ketua DPRD Radius Efendy,. beserta beberapa anggota DPRD kabupaten Sekadau, sekda Muhammad Isa, Kajari Zein Yusri Munggaran,. Kapolres Sekadau Suyono, Dandim 1204 Sanggau-Sekadau, ketua TP PKK, ketua GOW, ketua.MBAM, ketua MABT,.para kepala SKPD dan sekretaris DAD serta undangan lainnya(tar).

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments