Wakil Bupati : Tidak Ada Alasan, Ada Orang Sakit Tidak Bisa Berobat. - Faktapagi.com

Kamis, Juli 13, 2023

Wakil Bupati : Tidak Ada Alasan, Ada Orang Sakit Tidak Bisa Berobat.


Pemukulan Gong oleh wakil Bupati Sekadau Subandrio sebagai tanda dimulainya kegiatan Rakerkesda, Rabu (12/07/2023) di gedung Kateketik Sekadau.

SEKADAU-FAKTAPAGI.COM. Wakil bupati Sekadau Subandrio SH.MH membuka secara resmi kegiatan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda),Rabu (12/07/2023) di gedung Kateketik Sekadau.

Dalam sambutannya  wakil bupati Sekadau Subandrio SH.MH menyebutkan, bahwa kegiatan ini bertujuan dalam rangka merumuskan, program kerja kesehatan antara pusat dan daerah. Sehingga melibatkan semua pihak baik itu pemerintah Pusat, pemerintah Provinsi dan pemerintah Kabupaten sampai ke pemerintahan desa.

Di Indonesia lanjut Suban, kita pernah menghadapi berbagai masalah kesehatan antara lain yang terparah adalah wabah covid -19. Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut kita lakukan dengan vaksin. Beda dengan wabah, yang saat ini sedang kita hadapi adalah masalah Stunting. Untuk mengatasi masalah tersebut kita telah membuat progam Asih mulai dari tingkat kabupaten sampai ke tingkat desa. Caranya pihak desa secara berkala memberikan laporan calon pengantin (Catin) Ibu hamil (Bumil) dan program seribu hari kelahiran bayi.

"Untuk menekan laju peningkatan angka Stunting, kita melibatkan 37 desa yang angka Stunting nya masih tinggi," katanya.

Selain Stunting, lanjut dia, virus Rabies juga menjadi perhatian kita bersama,karena sudah ada kasus orang meninggal akibat terpapar Rabies. Oleh karena itu kita harus selalu waspada karena kabupaten tetangga kita statusnya darurat Rabies.

Untuk menekan penyebaran Virus Rabies lanjut dia, saat ini instansi terkait DKPPP sedang bekerja ekstra keras untuk melakukan vaksinasi terhadap hewan seperti Anjing liar.

Terkait soal Rakerkesda tambah dia lagi, salah satu poin yang bisa kita masukan adalah pendataan terhadap ibu hamil. Selain itu kita juga harus terhadap warga yang sakit. Tidak ada alasan orang sakit tidak bisa berobat, rumah sakitnya jauh dan lain - lain.

"Saya berharap para kades yang hadir para Rakerkesda hari ini dapat menyampaikan data dan persoalan di desanya masing-masing, kemudian kita kumpulkan dan disampaikan agar bisa mendapat jawaban dari para nara sumber. 

"Tujuannya agar persoalan kesehatan yang kita hadapi dapat dipecahkan masalahnya," ucap Wabup.

Sementara itu Kepala dinas Kesehatan PP dan KB kabupaten Sekadau Henry Alpius dalam keterangannya mengatakan,  bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini dalam rangka untuk menyelaraskan program kesehatan dari Pemerintah Pusat, Pemprov sampai ke Pemerintah daerah dan pemerintah desa.

"Acara yang bertajuk "Transformasi Kesehatan Pusat dan Daerah Untuk Menciptakan desa Sehat, Menuju Kabupaten Sekadau Yang Maju, Sejahtera dan Bermartabat"kata Henry. 

Di kabupaten Sekadau, program ini juga selaras dengan visi misi kabupaten Sekadau yang maju,sejahtera dan bermartabat. Untuk mewujudkan transformasi kesehatan, pihaknya tidak bisa bekerja sendiri. Oleh karenanya kita telah melibatkan pihak pemerintah desa sebagai sektor pendukung dan peran utama. Ia berharap kita semua dapat bersinergi untuk mendukung kabupaten Sekadau yang Maju, Sejahtera dan Bermartabat.

"Pihak desa sebagai sektor utama kiranya dapat secar maksimal membantu agar program ini sukses," kata Henry.

Hadir pada kegiatan tersebut ketua TP.PKK kabupaten Sekadau Ny.Magdalena Susilawati Aron SP. Para kepala Puskesmas se-kabupaten Sekadau, para kades dan sejumlah tamu undangan lainnya.(tar).


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments