Buka Launching Silapor Dan Sosialisasi Pemilu Serentak, Wabup Ingatkan Penyelenggara Pemilu Mesti Berintegritas - Faktapagi.com

Selasa, Agustus 22, 2023

Buka Launching Silapor Dan Sosialisasi Pemilu Serentak, Wabup Ingatkan Penyelenggara Pemilu Mesti Berintegritas


Wakil bupati Sekadau Subandrio saat melakukan launching Aplikasi Silapor untuk Ormas, Selasa (22/08/2023) di Aula lantai II kantor Bupati Sekadau

SEKADAU-FAKTAPAGI.COM. Wakil Bupati (Wabup) Sekadau Subandrio,SH.MH membuka secara resmi kegiatan sosialisasi Pemilu Serentak dan launching Aplikasi Informasi Layanan Pendaftaran dan Pelaporan organisasi masyarakat (Ormas) Silapor, Selasa (21/08/2023) di Aula lantai II kantor Bupati Sekadau.

Dalam sambutannya Wabup mengapresiasi sekali Kesbangpol yang telah memfasilitasi kegiatan yang sangat penting ini. Bahkan dua kegiatan bisa dilaksanakan sekaligus, yakni sosialisasi Pemilu Serentak tahun 2024 dan sosialisasi Silapor.

Menurut dia, bahwa Organisasi Masyarakat (Ormas) harus sejalan dengan pemerintah dalam membangun daerah, makanya setiap ormas harus melaporkan diri kepada pemerintah, agar bisa di monitor oleh pemerintah.

Sebab, apapun ormas harus berpegang dengan falsafah bangsa yakni Pancasila, sehingga banyak ormas yang dibekukan oleh pemerintah.

"Jika tidak sesuai dengan falsafah negara makanya, Ormas tersebut tidak cocok berada di negara kita,"kata Suban sapaan akrabnya.

Ia juga mengingatkan terkait penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) serentak tahun 2024 harus berintegritas agar kejadian seperti Pilkada tahun 2020 tidak terulang lagi

"Akibat salah satu penyelenggara di kecamatan tidak profesional,maka yang rugi peserta dan masyarakat, sebab pelaksanaan proses penghitungan ulang pemerintah kembali mengeluarkan dana yang cukup besar," ungkapnya.

Makanya perlu ada pengawasan yang baik dari Bawaslu. 

Menurut dia, ada empat unsur yang terlibat langsung dalam proses Pemilu yakni penyelenggara dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) peserta pemilu yakni Parpol, Masyarakat dan Pengawas, keempat unsur ini harus sejalan agar pelaksanaan Pemilu berjalan sesuai dengan azas Langsing Umum Bebas Rahasia(Luber).

Untuk diketahui bahwa parpol peserta pemilu tahun 2024, 15 partai politik sebab ada tiga parpol yang tidak melengkapi persyaratan Bacalegnya.Partai Bulan Bintang,. Partai Buruh DNA partai Garuda.

Sementara itu ketua Panitia yang juga kepala Kesbangpol Sapto Utomo mengatakan, ada 83 Ormas yang terdaftar di kabupaten Sekadau, dan masih ada yang belum terdaftar,. meskipun belum terdaftar bukan mereka bukan ormas hanya belum terdaftar saja.

Makanya kita minta semua ormas yang ad di kabupaten Sekadau, dengan adanya sosialis ini kita minta kepada Ormas yng belum daftarkan diri segera daftar diri dengan aplikasi Silapor.

"Jika petugas tidak ada Ormas yang mau daftar mengunakan Aplikasi yang ada, tidak perlu harus datang kekantor," katanya.

Hadir pada acara tersebut, Kasi Intel Kajari Sekadau, kasat Intel Polres, Danramil Sekadau hilir, kadis Kominfo Matius Jhon, kepala Disporabudpar Bayu Suharsono, ketua KPU Fransiskus Khoman, ketua Bawaslu Marikun, para Kabag dan seluruh undangan lainnya.(tar).

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments