Agar Menghasilkan Pemilu Berkualitas, Pengawasan Mesti Berkordinasi Dengan Berbagai Pihak. - Faktapagi.com

Jumat, September 15, 2023

Agar Menghasilkan Pemilu Berkualitas, Pengawasan Mesti Berkordinasi Dengan Berbagai Pihak.


Ketua Bawaslu provinsi Kalimantan Barat saat memberikan sambutan di depan seluruh anggota Panwascam, Kamis (14/09/2023). di hotel Vinca Borneo Sekadau 

SEKADAU-FAKTAPAGI.COM. Ketua Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU ) Mursyid Hidayat meminta agar setiap Pengawas Pemilu di berbagai tingkatan mesti kerap melakukan kordinasi dengan berbagai pihak untuk memperkuat pengawasan, kordinasi tersebut dilakukan tentunya dengan para tokoh masyarakat,para senior yakni mantan-mantan pengawas dan organisasi masyarakat lainnya.

"Hal ini dilakukan agar pengawasan terhadap jalannya Pemilu bisa dilaksanakan secara maksimal," katanya, Kamis (14/09/2023) di hotel Vinca Borneo pada saat acara penguatan Kapasitas dan karakter Panwascam.

Menurut dia, Pemilu serentak yang dilaksanakan di Indonesia merupakan Pemilu pertama kali yang dilaksanakan, bahkan beberapa negara di dunia belum pernah melaksanakan Pemilu seperti yang kita laksanakan. Maka dari itu sebagai pengawas kita mesti siap untuk melakukan tugas kita secara maksimal demi terlaksananya Pemilu yang berkualitas, untuk melaksanakan hal itu.

"Panwaslu kecamatan sebagai ujung tombak pengawasan di tingkat kecamatan,' katanya.

Untuk itu lanjut dia partisipasi masyarakat bukan hanya sekedar nyoblos saja, namun lebih dari itu, misalnya partisipatif masyarakat dalam hal mengawasi, mereka mau melapor jika ada hal kurang baik ketika pelaksanaan Pemilu. Perlu dilibatkan juga para tokoh agama, semua pihak mestinya dilibatkan agar menghasilkan Pemilu yang bersih dan berkualitas.

Sementara itu Marikun ketua Bawaslu dalam arahannya mengatakan, bahwa pemilu serentak yang akan kita awasi bersama hal baru, sebab tidak seperti biasa, untuk itu perlu kerjasama yang baik dengan semua pihak agar semua tahapan bisa berjalan dengan baik.

"Libatkan semua stakeholder yang ada untuk berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu," saranya.

Hadir pada acara tersebut, mantan Bawaslu kabupaten Sekadau periode 2018-2023 para undangan lainnya.(tar).


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments