DPCKTRP Akan Gelar Sosialisasi Dan Aplikasi SIDARASALIMBA di Hotel Emeral - Faktapagi.com

Jumat, September 01, 2023

DPCKTRP Akan Gelar Sosialisasi Dan Aplikasi SIDARASALIMBA di Hotel Emeral

 

Agus Hidayat 

SANGGAU-FAKTA PAGI.COM. Dinas Perumahan, Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau, akan menggelar kegiatan sosialisasi dan pelatihan aplikasi SIDARASALIMBA untuk operator kecamatan se-kabupaten Sanggau,kegiatan berlangsung selama 2 hari itu dilaksanakan di Hotel Emerakh Sanggau, Senin tanggal 4 sampai 5 September 2023.

Hal tersebut di sampaikan Kadis Perumahan Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau, melalui Kabid Pemukiman Agus Hidayat, kepada media di Sanggau, pada Jumat (01/09/2023) di ruang kerjanya.

"Rencananya kegiatan pelatihan tersebut akan diikuti seluruh operator dari 15 Kecamatan Se-kabupaten Sanggau" terang Agus.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, bahwa pelatihan tersebut guna memberikan latihan kepada operator Kecamatan mengenai cara untuk Update Informasi Sistem, Penginputan Data Eksisting, Verifikasi Data Usulan yang dibuat oleh kecamatan.

"Kegiatan ini perlu dilaksanakan mengingat adanya pengembangan aplikasi SIDARASALIMBA sebagai implementasi dari Aksi Perubahan dalam rangka Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang sedang dilaksanakan oleh Kabid Permukiman Dinas Perumahan Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau." Jelas Agus.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Pengembangan aplikasi yang dilakukan meliputi, perluasan data mencakup seluruh kecamatan di Kabupaten Sanggau.Membuat fitur baru pada Aplikasi (Drainase, Persampahan dan E- arsip data digital)

Membuat Aplikasi Sidarasalimba dalam versi mobile yang nantinya dapat di unduh di Playstore.

Agus juga menyebut sosialisasi dan pelatihan sangat perlu dilakukan, agar operator Kecamatan dapat memahami betul fungsi apa saja yang terdapat di Aplikasi SIDARASALIMBA  dan bagaimana cara penggunaannya.

"Untuk diketahui aplikasi SIDARASALIMBA merupakan pilot project yang dikembangkan oleh Dinas Perumahan Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau, guna untuk membantu Pemerintah,"terangnya.

Lebih lanjut Agus menambahkan bahwa Aplikasi yang dimaksud merupakan aplikasi berisi informasi terbaru terkait Sebaran Sanitasi Limbah, Persampahan dan Drainase di kabupaten, serta menyajikan data-data sanitasi dan air limbah, terkait kondisi eksisting yang akan dibangun, dan rekomendasi usulan pembangunan.

Kegiatan tersebut, mebdapat kan apresiasi dari wartawan Kabupaten Sanggau (PWKS),, yang di sanpaikan Ketua PWKS, Wawan Daly Suwandi.

"Semoga "Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Sidara, dapat berjalan dengan baik,doanya.(Tino).

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments