Richardo : Pelatihan Aplikasi Sidarasalimba Mempermudah Masyarakat Kecamatan Meng-upload Usulan Data Sanitasi Air. - Faktapagi.com

Senin, September 04, 2023

Richardo : Pelatihan Aplikasi Sidarasalimba Mempermudah Masyarakat Kecamatan Meng-upload Usulan Data Sanitasi Air.


Usai pembukaan pelatihan Sidarasalimba oleh Dinas PCKTRP, Senin (04/09/2023) di Hotel Emerald Sanggau.

SANGGAU-FAKTA PAGI.COM.Kepala Dinas Perumahan Cipta Karya,Tata Ruang dan Pertanahan (DPCKTRP) Sanggau, Didit Richardi membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Aplikasi Sidarasalimba pada Senin, (04/09/2023).di hotel Emerald Sanggau.

Kegiatan Pelatihan tersebut berlangsung selama 2 hari diikuti oleh 30 orang perwakilan dari 15 Kecamatan Se-kabupaten Sanggau.

Salah satu tujuan dari pelatihan tersebut adalah untuk menambah pemahaman para operator di Kecamatan untuk mengakses dan meng-upload data ke aplikasi Sidarasalimba serta untuk memahami fitur yang tersedia di dalam aplikasi tersebut.

"Salah satu tujuan pelatihan tersebut adalah agar para operator bisa memahami ketika meng-upload data untuk dimasukkan ke Aplikasi," kata Didit Richardi Kadis kepada para awak media, Senin (04/09/2023) di Sanggau.

Menurut dia, SIDARASALIMBA adalah Aplikasi yang dikembangkan oleh DPCKTRP Kabupaten Sanggau, untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses data data sanitasi, air limbah, drainase dan persampahan.

Lebih lanjut ia mengatakan, sejak tahun 2021 pihaknya telah menyusun database Aplikasi Sidarasalimba tersebut. Dan saat ini Aplikasi tersebut telah dilakukan pemutakhiran. 

"Masyarakat dapat mengakses data sanitasi dengan mudah di aplikasi Sidarasalimba, data itu sebagai sarana untuk mengajukan usulan proposal," sarannya.

Menurut Didit masyarakat dapat mengakses sarana tersebut melalui Aplikasi, untuk lebih memudahkan masyarakat yang tinggal di wilayah kecamatan yang jarak tempuhnya cukup jauh dari kota Kabupaten.

Masyarakat yang jauh kata dia lagi dari kabupaten dapat dengan mudah meng-upload usulan dengan dibantu oleh admin kecamatan, agar usulanya dapat dengan mudah diterima.

"Perlu di pahami bahwa, Aplikasi Sidarasalimba telah memiliki fitur tambahan dari semula hanya Sanitasi dan data data kini telah ditambah fitur tambahan yaitu drainase dan persampahan." tambah nya.

Di tempat yang sama Agus Hidayat, Kepala Bidang Permukiman Dinas Perumahan Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau mengatakan, bahwa pelatihan tersebut guna memberikan cara kepada setiap operator Kecamatan untuk meng-update informasi sistem, penginputan data Eksisting, Verifikasi data usulan yang dibuat oleh kecamatan.

"Aplikasi  Sidarasalimba merupakan pilot project yang dikembangkan oleh Dinas PCKTRP untuk membantu Pemerintah Kabupaten Sanggau," terang Agus.(Tino)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments