Bupati : Kaum Muda Adalah Garda Terdepan Gereja Dan Bangsa. - Faktapagi.com

Minggu, Oktober 15, 2023

Bupati : Kaum Muda Adalah Garda Terdepan Gereja Dan Bangsa.


Pemukulan Gong oleh Bupati Sekadau Aron dan Lazarus sebagai tanda dimulainya kegiatan EKM ke VII, Sabtu (14/10/2023) di Stasi Amak.

SEKADAU-FAKTAPAGI.COM. Bupati Sekadau Aron, SH membuka secara resmi kegiatan Ekaristi Kaum Muda (EKM) Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau yang ke VII di Stasi Amak, Sabtu (14/10/2023) di Amak.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, EKM merupakan acara religius bagi kaum muda Katolik, agar pada acara tersebut bisa menjadi tempat untuk menempa keimanan kepada Tuhan serta mempererat tali silaturahmi antar kaum muda dari berbagai Stasi.

"Karena kaum muda adalah garda terdepan untuk memajukan Gereja," kata Aron.

Lebih lanjut ia mengatakan,setelah pulang nanti ke stasi masing-masing kaum muda hendaknya bisa jadi pemimpin ibadah atau kegiatan lain di Gereja,sebab saat ini kita kekurangan Pastor, jadi kalau bisa peran itu di handle oleh Orang Muda Katolik (OMK). Kami lanjut dia lagi, dari pemerintah daerah tetap mendukung kegiatan seperti ini, hanya saja kedepan ia menyarankan agar pada acara seminar bisa menghadirkan tim dari Badan Nasional Narkoba provinsi Kalimantan Barat.

"Tujuannya agar para OMK mendapat pencerahan mengenai dampak Narkoba terhadap masa depan anak-anak," katanya.

"Jangan sampai kaum muda Katolik terpapar Narkoba, jauhi Narkoba bila ingin masa depan lebih baik," pesan Aron.

Sementara itu Lazarus anggota DPR RI dalam arahannya menyarankan agar para kaum muda tidak memilih jalan yang salah seperti yang disarankan oleh Bupati.

"Jauhi Narkoba, jangan memilih jalan kurang baik dalam hidup kalian,sebab hal itu dapat merusak masa depan kalian,"pesan Lazarus.

Karena dengan mengkonsumsi Narkoba akan berdampak bagi jalan hidup kamu, apa yang kami tabur itu yag kamu tuai. 

"Jangan pernah menjadi beban setiap masyarakat, jadikan dirimu sebagai bagian terpenting dalam keluarga, sekolah dan Gereja," pesannya.

Ditempat yang sama dalam arahannya Martinus Seruit, CP Pastor kepala Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau mengatakan, bahwa EKM yang kita laksanakan di Stasi Amak adalah EKM ke VII, salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengakrabkan OMK di paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau hilir.

"Agar para kaum muda saling mengenal satu dengan yang lainnya," kata pastor.

Selain itu lanjut pastor, leg juga untuk meneguhkan iman kita kepada Tuhan, karena OMK sebagai penggerak serta tumbuh kembangnya Gereja di stasi masing-masing.

Sementara itu ketua OMK Paroki Santo Petrus dan Paulus dalam sambutan mengatakan, bahwa EKM yang dilaksanakan hari adalah EKM yang ke VII dan dilaksanakan di stasi Amak sebagai tuan rumah.

Kegiatan ini kata dia, kita laksanakan setahun dua kali, salah satu tujuan dari EKM ini adalah sebagai tempat untuk bertemu antara OMK dari Stasi masing-masing supaya saling mengenal satu dengan yang lainya.

"Selain itu kegiatan akan di isi dengan berbagai kegiatan positif dan menghadirkan berbagai narasumber untuk memberikan arahan kepada peserta," katanya.

Masih dikatakan dia, OMK Paroki Santo Petrus dan Paulus berencana mengelar pertandingan voli untuk seluruh Stasi keuskupan Sanggau Sekadau, rencananya kegiatan tersebut akan di gelar bulan November mendatang.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kadis LH Apeng Petrus, Kasat Pol PP Paulus Yohanes, anggota DPRD kabupaten Sekadau Ari Kurniawan Wiro, Abuntono, pengurus Yayasan Aloysius Amaki, kepala desa sungai Kunyit Kayus serat Paulus Sutami pengawas OMK serta beberapa undangan dan pemimpin umat se-desa sungai Kunyit,(tar)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments