Dewan Ingatkan Waspada Wabah Demam Berdarah. Instansi Terkait Segera Lakukan Pogging. - Faktapagi.com

Rabu, Oktober 04, 2023

Dewan Ingatkan Waspada Wabah Demam Berdarah. Instansi Terkait Segera Lakukan Pogging.


Handi,SE

SEKADAU-FAKTAPAGI.COM. Wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Handi,SE mengingatkan agar masyarakat kabupaten Sekadau tetap waspada terhadap merebaknya wabah penyakit Demam Berdarah,.

'Meskipun saat ini sudah mulai berkurang,namun harus tetap waspada apalagi yang memiliki anak kecil," katanya melalui pesan singkat, Selasa (03/10/2023) sore.

Bukan hanya nyamuk Aedes Aegypti penyebab Demam Berdarah Dengue, ada lagi nyamuk yang bisa menularkan penyakit Japanese Encephalitis merupakan virus dari gigitan nyamuk culex yang terinfeksi virus JE hingga menyebabkan penyakit radang otak. Walaupun nama tersebut ada unsur jepangnya, faktanya virus ini tidak hanya menyerang negara jepang.

"Nyamuk juga ada di Indonesia, makanya pemerintah telah memberikan vaksin JE bagi anak-anak guna menghindari penyakit tersebut," katanya.

Ia juga mengingatkan agar dinas terkait segera melakukan inventarisasi wilayah mana saja yang terdapat rawan munculnya dua jenis nyamuk tersebut, jika sudah dilakukan inventarisasi maka langkah selanjutnya segera lakukan pogging.

"Instansi terkait diminta segera lakukan inventarisasi wilayah mana saja yang rawan munculnya nyamuk tersebut, jika sudah segera lakukan pogging," ingatnya.

Kepada masyarakat hendaknya selalu waspada, jika terjadi demam panas pada anak-anak segera bawa ke Puskesmas terdekat atau langsung ke rumah sakit, agar penyakit segera diketahui.(tar).




Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments