Bupati : Orientasi Untuk Menambah Wawasan Para Pegawai. - Faktapagi.com

Senin, Juli 22, 2024

Bupati : Orientasi Untuk Menambah Wawasan Para Pegawai.


Berfoto bersama usai pembukaan orientasi P3K, Senin (22/07/2024) di gedung Kateketik Sekadau.

SEKADAU-FAKTAPAGI.COM.Bupati Sekadau Aron, SH membuat secara resmi kegiatan orientasi kepada Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan pemerintah kabupaten Sekadau,Senin (22/07/2024) di Gedung Kateketik Sekadau.

Dalam arahannya Bupati mengatakan,sesuai dengan UU ASN  nomor 20 tahun 2023 memberikan hak yang sama bagi PNS dan PPPK

Pada BAB VI UU No.20 Tahun 2023 yang mengatur tentang Hak dan Kewajiban, tidak ada pengaturan yang berbeda antara hak yang diberikan kepada PNS dan hak PPPK, karena pada pasal yang mengatur soal hak, langsung memakai kata “ASN” yang merupakan PNS dan PPPK.

Tidak ada lagi istilah PNS Pusat dan PNS Daerah. UU ASN 2023 terdiri dari 14 bab dan 77 Pasal. Pada saat UU ini mulai berlaku, PNS Pusat dan PNS Daerah disebut sebagai Pegawai ASN. Jadi tidak ada lagi istilah PNS Pusat dan PNS Daerah.

"Dalam orientasi tersebut pegawai perlu dibekali pengetahuan dan ilmu tentang wawasan kebangsaan," katanya.

Tentang peran seorang perangkat Daerah.Mungkin lanjut dia, ada diantara para pegawai P3K yang sudah lama bekerja namun baru sekarang ikut orientasi, hal ini disebabkan bahwa pelayanan orientasi dilakukan secara bertahap, sesuai dengan kemampuan keuangan Daerah. 

"Lagi pula kita laksanakan orientasi satu tahapan hanya diisi oleh 40 orang saja," katanya.

Kita patut bersyukur lanjut dia, dengan ada program P3K, karena dari program ini yag diutamakan adalah tenaga honorer, artinya mereka memang sudah lama bekerja di Pemkab Sekadau, hanya saja statusnya saja yang sudah beda.

"Dengan adanya program penerimaan P3K bisa sedikit mengurai kekurangan tenaga pegawai di Lingkungan Pemerintah kabupaten Sekadau," katanya.

Selamat mengikuti orientasi, semoga dengan mengikuti orientasi ini bisa menambah pemahaman bagi pegawai, kepada para pegawai ia berharap agar betul-betul bekerja dengan baik, sebab sejatinya ditangan kitalah menak kabupaten Sekadau bisa terwujud.

Karena sebagai Pegawai jam masuk kerja memang sudah di atur. Bahkan sistem absensi pun sudah mengunakan  sistem elektronik.Jangan jadi pegawai absen sebentar lalu pulang, setelah jam pulang baru absen lagi.

"Artinya lebih banyak waktu istirahat ketimbang bekerja, tolong jangan seperti itu mental mengabdinya," ingatnya.

Sementara itu Radius, SH Kepala Badan Kepegawaian Dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) kabupaten Sekadau dalam paparannya mengatakan, bahwa 

Pelaksanaan Orientasi CPNS Tahun 2024 adalah kegiatan untuk memberikan pembekalan dasar kepada P3K tahun 2024 di lingkungan pemerintah kabupaten Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksankan tugas jabatan profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika Pegawai sesuai dengan kebutuhan instansi.

Kemudian tujuan lainnya adalah untuk menciptakan aparatur yang mampu  berperan sebagai pembaharuan dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa dan selanjutnya adalah untuk memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat serta menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik.

"Untuk tahap ini kita hanya ikutkan 40 peserta dari P3K," katanya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Plh Sekda Heronimus, seluruh kepala SKPD, serta para undangan lainnya.(tar)


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments