Dampak Positif Gawai Dayak, Pelaku UKM Di Sekadau Hidup. - Faktapagi.com

Minggu, Juli 28, 2024

Dampak Positif Gawai Dayak, Pelaku UKM Di Sekadau Hidup.


Bupati Sekadau Aron saat melepaskan kegiatan Pawai Gawai Dayak, pekan lalu di Betang Youth Center.

SEKADAU-FAKTAPAGI.COM. Bupati Sekadau Aron, SH berpesan kepada seluruh masyarakat kabupaten Sekadau agar selalu menjaga situasi tetap aman menjelang perhelatan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. "Selain itu saya juga meminta agar sebagai masyarakat Sekadau yang punya keinginan maju supaya selalu kompak bersatu,"katanya pada penutupan Gawai Dayak ke XIII, Sabtu (27/07/2024) di Betang Youth Center Sekadau.

Menurut dia,hanya dengan kekompakan dan bersatu kita bisa bekerja dengan baik, tanpa ada kekompakan rasanya sulit untuk kita melakukan pembangunan. Makanya jangan sampai kita tidak bisa kompak demi melanjutkan pembangunan yang sudah kita rencanakan.

Menurut dia, selama Gawai Dayak banyak dampak positif yang kita peroleh, perputaran uang di kabupaten Sekadau begitu banyak,karena masyarakat yang datang dari kampung saat berkunjung pada kegiatan Gawai,. mereka belanja di warung-warung. Makan, minum dan belanja pernak-pernik Dayak, serta belanja pakaian. 

"Sehingga perputaran uang di kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM) sangat baik, dengan begitu UKM kita bisa hidup," kata Aron.

Inilah sejatinya tujuan yang ingin kita capai dari setiap kegiatan berskala besar di kabupaten,supaya para pelaku UKM kita bisa berjualan dan mereka mendapatkan uang.Jika sudah begitu ekonomi kita pasti bergerak maju. 

Mudah-mudahan kegiatan even seperti ini lebih sering dilakukan. Karena selain menghidupi para UMK kegiatan budaya seperti ini, dapat juga mendatangkan turis dari luar maupun dari dalam negeri, orang-orang akan datang dan punya keinginan untuk berkunjung, ingin melihat langsung semua proses dan ritual Gawai Dayak.

"Hanya saja semua prosesi ritual Adatnya agar di kemas sebaik-baiknya, sehingga punya daya tarik," kata Aron.

Mimpi ini yang harus kita capai, setiap tahun kita evaluasi, perbaiki yang kurang supaya Gawai Dayak bisa menjadi daya tarik tersendiri. 

"Begitu juga dengan suku lain, ayo kita berlomba-lomba untuk menggali potensi budaya yang ada, supaya budaya kita semua kaya dan selanjutnya kita kemas dengan baik, sehingga bisa menghasilkan devisa daerah," ajaknya.(tar/wos)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments