Kades Ingatkan, Waspada Musibah Kebakaran Musim Kemarau. - Faktapagi.com

Sabtu, Juli 27, 2024

Kades Ingatkan, Waspada Musibah Kebakaran Musim Kemarau.


Berfoto bersama usai kegiatan Apel Siaga kebakaran di halaman kantor Desa Merapi, Jumat,(26/07/2024) kemarin.

SEKADAU-FAKTAPAGI.COM. Kepala Desa Merapi Saleh mengingatkan warganya untuk tetap berhati-hati saat meninggalkan rumah dan tidak menghidupkan Api di hutan maupun bakar sampah di pekarangan rumah, karena bisa memunculkan percikan Api.

"Ketika meninggalkan rumah sebaiknya pastikan listrik serta kompor Gas dimatikan," katanya Jum'at (26/07/2024) di kantornya.

Lebih lanjut ia mengatakan,demi mencegah terjadinya bencana kebakaran Pemerintah Desa berkerjasama dengan Bhabinkamtibmas Desa Merapi Brigadir Asep Suandi dan Babinsa Sekadau melakukan Apel Siaga, pada hari Jumat 26 Juli di halaman kantor Desa.

Apel siaga tersebut melibatkan Babinkamtibmas,Babinsa ketua RT, RW dan seluruh anggota BPD.Salah satu tujuan dari Apel siaga tersebut adalah, untuk memberikan pengertian kepada masyarakat,apa bila ada masyarakat yang ingin membakar lahan Pertanian mereka wajib melapor kepada Satgas Desa.

"Baik itu langsung dengan Kepala Desa, Kepala Dusun, ketua RT atau langsung lapor ke Bhabinkamtibmas atau Babinsa,"kata Saleh.

Bagi masyarakat yang akan membakar lahan untuk Pertanian sebaiknya dilakukan diatas pukul,15.00 wib sore, jadwal ini sesuai peraturan yang sudah berlaku,tujuannya adalah untuk menghindari Api menjalar ke area lain,

Selain itu Kades juga mengingatkan kepada warga supaya selalu menjaga agar anak-anak untuk tidak bermain Api di sembarangan tempat.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti kebakaran rumah atau tempat lainnya," ingatnya.

Ia juga mengingatkan kepada Warga Merapi untuk menjaga kesehatan karena di musim kemarau sungai Kapuas sudah tercemar. "Beruntung warga Merapi sudah mengkonsumsi air  bersih program Pamsimas,"ucapnya.(Wos/tar).


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments