Launching Peningkatan Jalan Rirang Jati-Kiukang, Kades Tak Hadir. Bupati: Semua Pihak Harus Mendukung Pembangunan. - Faktapagi.com

Sabtu, Juli 20, 2024

Launching Peningkatan Jalan Rirang Jati-Kiukang, Kades Tak Hadir. Bupati: Semua Pihak Harus Mendukung Pembangunan.


Berfoto para tokoh masyarakat usai melakukan Launching peningkatan jalan Rirang Jati-Kiukang, Jum'at (19/07/2024) di Simpang Kiukang.

SEKADAU-FAKTAPAGI.COM.Bupati Sekadau Aron, SH kembali melaksanakan Launching peningkatan jalan Rirang Jati-Kiukang, pada Jumat (19/08/2024) pagi.

Dalam sambutanya ia mengatakan, agar setiap kegiatan di wilayah kerjanya kepala desa kalau bisa tolong hadir, kecuali ada hal yang sangat urgen, karena seorang kepala desa adalah kepala wilayah dan harus monitor apapun kegiatan pembangunan yang ada di wilayahnya.

"Kedepan saya minta jika ada kegiatan pemerintah di wilayah kerjanya Kades harus hadir," pinta Aron.

Karena desa merupakan struktur pemerintahan terkecil dan terdepan, jika kegiatan bupati saja tidak hadir bagaimana ia mengurus kegiatan-kegiatan dan masyarakat kecil di wilayahnya.

Karena lanjut dia, untuk membangun Sekadau ini kita harus kompak bersatu apapun jenis suku ras dan agamanya, sebab untuk itulah kita menjadi pejabat sekaligus pelayan masyarakat. Sehingga lanjut dia, apapun yang terjadi ditengah-tengah masyarakat sebagai pelayan, kita harus berdiri paling depan.

Apalagi tambah dia,peningkatan jalan Rirang Jati -Kiukang ini sudah 20 tahun baru kali ini di bangun, meskipun belum maksimal tetapi kita sudah berusaha agar kue pembangunan itu bisa dinikmati oleh semua pihak, hal ini karena keuangan yang kita miliki terbatas.

"Namun pembangunan yang kita laksanakan sekarang pasti berlanjut", katanya.

Sebab, tugas kita adalah untuk melakukan yang terbaik bagi masyarakat, dengan segala daya upaya. Karena sejatinya tugas seorang pejabat adalah melayani dan memberikan yang terbaik bagi warganya.

Untuk diketahui lanjut dia, bahwa dana yang digunakan untuk peningkatan jalan ini berasal dari Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit dari Pemerintah Pusat, tahun 2024 kabupaten Sekadau mendapat alokasi DBH sebesar 37 Milyar lebih, dari jumlah itu, 80 persen kita gunakan untuk peningkatan infrastruktur, yang kita bagi-bagi pada tujuh tempat.

Selain itu kita juga dapat bantuan beberapa unit jembatan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kini tinggal menunggu proses dari pusat kapan di mulai, karena kalau bantuan dari BNPB prosesnya memang sedikit lama. Semuanya itu merupakan hasil kerja keras,berkat kerjasama semua pihak, baik dari kalangan Legislatif maupun eksekutif.

 "Makanya kompak dan bersatu itu penting agar cita-cita masyarakat Sekadau bisa kita wujudkan," ajaknya.

Sementara itu kepala dinas Perkejaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Heri Handoko dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan launching jalan Rirang Jati-Kiukang ini sebagai jawaban usulan masyarakat, karena sejak di buka badan jalan 20 tahun lalu, baru kali ini jalan tersebut bisa di tingkatkan. Meskipun tahap awal hanya 1.1 kilometer dengan pagu dana sekitar Rp.4 Milyar lebih, namun inilah upaya pemerintah untuk mewujudkan pemerataan pembangunan, bagi masyarakat.

"Agar pekerjaan berjalan lancar tanpa kendala kita minta dukungan dari masyarakat setempat," pintanya.

Sementara itu ditempat yang sama Loren Kusno Camat Nanga Taman dalam sambutannya mengatakan, bahwa dirinya merasa kecewa dengan ketidakhadiran kepala desa Rirang Jati, karena pihak sudah berkali-kali melalui kordinasi dengan pihak desa, agar merekalah sebagai tuan rumah untuk mengkordinir kegiatan tersebut.

"Jangankan untuk mengkordinir acara sebagai tuan rumah,hadir saja tidak," ucap kesal.

Jika memang dari awal pihak desa Rirang Jati tidak bersedia mengkordinir kegiatan ini, pihak kecamatan mungkin melimpahkan desa lain, sehingga acaranya tidak kocar-kacir seperti ini.

"Kedepan saya minta agar setiap kepala desa harus hadir apabila ada kegiatan kepala daerah di wilayahnya," ingatnya.

Sementara itu meskipun kepala desa Rirang Jati diwakili oleh Aloysius Sekretaris Desa (Sekdes) dalam satu mengatakan, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten Sekadau atas peningkatan jalan ini, semoga kegiatan ini berlanjut, dan ada beberapa jalan yang masih belum di tingkatkan.

"Terimakasih kepada Pemerintah Daerah kabupaten Sekadau atas peningkatan jalan ini," ucapnya.

Hadir pada kegiatan tersebut,wakil ketua DPRD Handi, kades Kiukang dan beberapa anggota BPD, kades Nanga Taman, beserta jajaran, BPD, pihak kontraktor, pengawas, Kongsultan dan undangan tokoh masyarakat dari kecamatan Nanga Taman.(tar).

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments