Ayo !! Saatnya Belajar di Pondok Modern Khairul Ummah Payung - Faktapagi.com

Jumat, Agustus 02, 2024

Ayo !! Saatnya Belajar di Pondok Modern Khairul Ummah Payung


Berfoto bersama Santri Pondok Modern Khairul Ummah Payung.

BANGKA SELATAN-FAKTAPAGI.COM.Kehadiran pondok Modern Khairul Ummah Payung, memang sudah tidak asing lagi di Kabupaten Bangka Selatan, semua orang tentu tau, bukan warga kabupaten Bangka Selatan, bahkan seluruh Indonesia pasti mengenal Pondok Modern Khairul Ummah Payung.

Mufradat dalam kosa kata bahasa Arab adalah salah satu kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh santri Pondok Modern Khairul Ummah (PMKU), Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan.

Selain sebagai program kerja Pesantren, kegiatan belajar ini seperti ini juga sebagai metode pembelajaran yang harus difahami santri, untuk mengetahui bagaimana cara menyampaikan kata dan bersosialisasi dalam berbahasa.

Kegiatan mufradat tak kalah penting dengan kegiatan rutin santri lainnya. Kegiatan ini berlangsung selama enam hari dalam satu minggu, adapun Jumat paginya diisi dengan kegiatan Muhadatsah.

Mufradat berlangsung selama tiga puluh menit, dilaksanakan pukul 06.00 wib sampai 06.30 wib tepat setelah Program Halaqoh Qur'an atau Program Menghafal Al-Qur'an.

Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat; untuk santri lama bertempat di Masjid, dan santri baru di Mushola sebelah rumah Ust. M. Azizul Azmi, S.H.I. selaku Pimpinan Pesantren.

Mufradat ini diikuti oleh seluruh santri putra dan putri, dimulai dari kelas satu MTS, hingga kelas 1 SMA Plus Pondok Modern Khairul Ummah (PMKU) Payung. Untuk kelas 1 SMA Pengurus Osis sebagai pendamping dalam kegiatan tersebut.

Adapun bahan ajar Mufradat adalah i’dad (Materi) yang didapat dari bagian bahasa, ditambah dengan menyiapkan wasail idoh (alat peraga) guna mempermudah santri untuk mempelajarinya.

Agar santri lebih terbiasa dengan bahasa inggris dan bahasa arab, maka ada dua bahasa yang dipelajari yaitu bahasa inggris dan bahasa arab, adapun bahasa Indonesia masih boleh digunakan santri baru selama belum mendapatkan kosakata nya.

Selain memperlancar dan membiasakan santri berbahasa, hal ini juga dapat menambah wawasan santri untuk lebih dekat dan kenal dengan bahasa.

Bagi orang tua yang ingin memondokkan anaknya di Pesantren, tentu bisa memilih Pondok Modern Khairul Ummah Payung sebagai solusi utama dalam mempelajari ilmu agama dan umum.(***)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments