Komitmen Sejahterakan Masyarakat, Bupati Serahkan Bantuan Bibit Sawit Gratis. - Faktapagi.com

Kamis, Agustus 29, 2024

Komitmen Sejahterakan Masyarakat, Bupati Serahkan Bantuan Bibit Sawit Gratis.


Penyerahan bantuan bibit Sawit gratis oleh Bupati kepada ketua kelompok Tani,Kamis(29/08/2024) di lokasi penangkaran bibit dusun Janang Sebatu.

SEKADAU-FAKTAPAGI.COM.Bupati Sekadau Aron, SH kembali menyerahkan bibit Sawit gratis kepada kelompok Tani, penyerahan bibit Sawit gratis ini sudah dilakukan berulang-ulang, bahkan dari tahun 2020 sampai dengan tahun 2023 pemerintah Daerah kabupaten Sekadau sudah menyerahkan 1.072 batang bibit kepada kelompok tani dengan luas lahan tertanam 1.020 Hektare.

"Penyerahan bibit Sawit gratis ini sebagai bentuk implementasi program unggulan IP3K," kata Aron mengawali sambutannya, Kamis (29/08/2024) di dusun Janang Sebatu.

Masih dikatakan Aron, tahun 2024 adakah tahun ketiga Pemerintah Daerah membagikan bibit Sawit gratis kepada Kelompok Tani. Kenapa program unggulan Pemerintah Daerah adalah Infrastruktur, pertanian, Perkebunan dan Perikanan untuk kesejahteraan masyarakat (IP3K), karena saat ini hanya komoditi Kelapa Sawit merupakan komoditi primadona bagi masyarakat saat ini, karena komoditi ini yang bisa mensejahterakan masyarakat seperti saat ini.

"Target kita satu orang kita berikan bibit Sawit i haktare, selanjutnya jika ingin nambah tentunya petani bisa kembangkan sendiri," kata Aron.

Jika satu keluarga sudah punya Sawit satu hektare, artinya secara rutin setiap bulan mereka sudah punya penghasilan tetap.Namun masyarakat tidak hanya bergantung pada satu komoditi, tapi ada komoditi lain yang bisa menambah penghasilan petani.

"Kami dari Pemerintah Daerah hanya ingin memastikan bahwa program tersebut bermanfaat bagi masyarakat," kata Aron.

Tanam bibit dengan baik, jangan disimpan saja sedangkan yang sudah ditanam tiga tahun lalu saat ini sudah buah pasir sebentar lagi dipanen. Untuk Bidang infrastruktur sudah kita bangun jalan-jalan poros. "Kami paham mantapnya infrastruktur adalah kerinduan masyarakat Sekadau, namun secara bertahap kita akan bangun," tekadnya.

Sementara itu ditempat yang sama Drs, Sandae,M,si Plt, kepala dinas Ketahanan pangan,Pertanian, Perkebunan dan Perikanan kabupaten Sekadau dalam sambutannya mengatakan, bahwa program unggulan salah satunya dilaksanakan oleh DKPPP yakni termasuk bidang Perkebunan, Pertanian dan Perikanan, leding sektornya berada di DKPPP.

"Selanjutnya kepada kelompok tani yang sudah mendapatkan pembagian bibit untuk melansir secara swadaya," kata Sandae.

Sampai di rumah tolong bibitnya ditanam, agar tiga tahun kedepan sudah bisa dipanen, pastikan perawatan dengan baik,agar hasilnya juga bisa lebih baik. 

"Inilah salah satu cara pemerintah mensejahterakan masyarakat," kata Sandae.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kapolres Sekadau AKBP I Nyoman Sudama, Kajari Adyantana Merlu Herlambang, Perwakilan Dandim 1204 Hendrikus, General manager PT. Bakti Tani Nusantara, Perwakilan dari KPH, kadis Lingkungan hidup Apeng Petrus, Kasat Pol PP Paulus Ugang, Kabag Ekonomi Kosmas, Kabid Perkebunan Irfan Nurpatria, kabid IKN Diskominfo Hartono, serta tim dari DKPPP dan undangan lain ketua Kelompok tani,(tar/wos)

,

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments