Utin : Komoditi Sawit Adalah Idola Saat Ini, Petani Harus Ikuti ISPO. - Faktapagi.com

Selasa, Agustus 27, 2024

Utin : Komoditi Sawit Adalah Idola Saat Ini, Petani Harus Ikuti ISPO.


Berfoto bersama usai acara pembukaan sosialisasi ISPO kepada KUD mitra PT.MPE, Selasa (27/08/2024) di Aula ITKK.

SEKADAU-FAKTAPAGI.COM.Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) kabupaten Sekadau mengelar sosialisasi pendataan Pekebun Sawit Rakyat dan pendampingan sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) pekebun mitra PT.Multi Prima Entakai (PT.MPE) Group. Kegiatan tersebut berlangsung, Selasa (27/08/2024) di Aula Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) jalan Merdeka Timur.

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti sebanyak 74 pengurus KUD yang terdiri dari ketua, dan Sekretaris.

Dalam sambutannya Sekretaris DKPPPP Utin Ramdiana S.Hut mengatakan, Kelapa Sawit merupakan komoditi idola bagi masyarakat.

Sedangkan MPE Group sambung dia, adalah salah satu Perusahaan yang sudah berkonstribusi besar membuka akses infrastruktur di kabupaten Sekadau. Dikatakan dia lagi, untuk menjawab tantangan pasar global salah satunya caranya adalah dengan melakukan sertifikasi  RSPO. Di Indonesia ada ISPO Sawit berkelanjutan,sedangkan untuk mendapatkan sertifikasi ISPO salah satu syaratnya adalah STDB, dan SPPL.

Sedangkan ISPO bertujuan untuk menunjukan bahwa sawit kita adalah Sawit yang berkelanjutan. 

"Kami berharap partisipasi para pengurus KUD untuk mencapai ISPO sangat diharapkan untuk menunjukan kepada dunia bahwa Sawit yang kita hasilkan di Sekadau adalah sawit yang ramah lingkungan," ungkapnya.

Ditempat yang Pimpinan PT.MPE Group Josaphat dalam sambutannya menyebutkan,bahwa perkebunan kelapa Sawit kita saat ini tidak lagi seperti semula,semua sudah berubah, salah satunya adalah dalam menghadapai persaingan global.

Sebab sawit kita hari ini sudah menjadi salah satu komoditi idola dunia. "Hanya saja dengan semakin tingginya persaingan, tantangannya juga banyak," katanya.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang kita laksanakan hari ini. sebab untuk bisa bertahan di bisnis sawit kita harus mematuhi aturan ini (ISPO) yang sifatnya wajib," katanya. Sebab lanjut dia, jika tidak kita ikuti aturan ini, maka kita akan ditinggalkan.

"Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih kepada semua pengurus koperasi mitra kami,semoga pertemuan ini bisa membuahkan hasil sesuai dengan keinginan kita bersama,"ucapnya.

Ke depan kita berharap kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi sosialisasi yang disampaikan oleh Kabid Perkebunan DKP3 Ifan Nurpatria, Ketua SPKS kabupaten Sekadau Bernadus Mohtat, Kabid Koperasi dan transmigrasi Dinas Koperasi dan Transmigrasi Andra Siswanto.(tar/wos)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments