Ciptakan Pemilu Damai 2024, Bawaslu Gelar Rakor. Marikun: Hindari Politik Sara Dan Politik Indentitas. - Faktapagi.com

Minggu, September 08, 2024

Ciptakan Pemilu Damai 2024, Bawaslu Gelar Rakor. Marikun: Hindari Politik Sara Dan Politik Indentitas.


Berfoto usai kegiatan Rakor oleh Bawaslu kabupaten untuk menuju Pilkada damai, Sabtu (07/09/2024) di Hotel Vinca Borneo Sekadau.

SEKADAU-FAKTAPAGI.COM.Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Sekadau mengelar Rapat Kordinasi (Rakor)pengawasan bersama stakeholder dalam rangka  pemilihan  Bupati dan wakil Bupati tahun 2024, Sabtu ( 07/09/2024.) di hotel Vinca Borneo Sekadau.

Rapat koordinasi ini bertujuan agar semua stakeholder mengetahui pelaksanaan tahapan dan pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu sampai pada hari pemungutan suara tanggal 27 November 2024 mendatang.

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Sekadau Marikun, S.Sos mengatakan, dengan diadakannya kegiatan Rakor ini tujuannya adalah, agar semua stekholder mengetahui pelaksanaan tahapan Pilkada dan pengawasan yang sudah dilakukan, dan Pengawasan yang sudah dijalankan sesuai dengan tahapan Pilkada.

Jenjang dan tahapan pengawasan oleh Bawaslu sudah kita paparkan kepada stakeholder, bilamana menemukan hal-hal diluar ketentuan berkaitan proses Pilkada supaya menyampaikan ke Bawaslu.

"Dengan langkah ini peran semua pihak sudah turut serta menciptakan Pilkada damai," katanya.

Menurut dia, ada 5 poin penting yang menjadi komitmen bersama antara masyarakat kabupaten Sekadau untuk mewujudkan Pilkada damai,

1.Mewujudkan Pilkada Damai tahun 2024 yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

2.Mewujudkan situasi kondusif dalam penyelengaraan Pilkada 2024 di Kabupaten Sekadau.

3.Menjungjung tingi rasa persahabatan persatuan dan kesatuan di Kabupaten Sekadau.

4.Menolak segala bentuk tindakan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, seperti politik uang,politisasi SARA dan berita Hoax.

5.Mendukung penekanan hukum yang berlaku dalam penyelengaraan Pilkada 2024 di Kabupaten Sekadau.

"Untuk itu ia meminta agar para Bakal Calon tidak mengunakan politik sara dalam setiap kegiatan kampanye, apalagi mengunakan politik indentitas dan agama," tegasnya.

Sementara itu Muhamdi mewakili Ormas Paguyuban Jawa Sekadau dalam paparannya mengatakan, bahwa Ia sangat mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan Bawaslu kabupaten Sekadau dalam untuk mewujudkan Pilkada damai di kabupaten Sekadau.

"Saya mengapresiasi langkah positif yang dilakukan oleh Bawaslu untuk mewujudkan Pilkada damai di Sekadau,"katanya.

Sementara hak yang juga dikatakan oleh Haji Salimnmewakili MABM dalam paparannya mengajak semua pihak yang mengikuti kegiatan Rakor ini untuk bersama-sama menandatangani komitmen bersama untuk menciptakan Pilkada damai

Rakor ini dihadiri Wakapolres Sekadau, Perwakilan Dau Kejari Sekadau,Perwira penghubung Damdim 1204 Sangau, Kesbangpol, Ketua KPU Bawaslu Pi perwakilan dari MABM,.MABT Sekadau Paguyuban Jawa,Paguyuban Sunda Paguyuban Flobamora serta undangan lainnya.(Wos/editor Sutarjo)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments