Gelar Coffee Morning, Polres Sekadau Perkuat Sinergi dengan Penyelenggara Pilkada. - Faktapagi.com

Kamis, September 05, 2024

Gelar Coffee Morning, Polres Sekadau Perkuat Sinergi dengan Penyelenggara Pilkada.

 

Kegiatan Caffe Morning dengan beberapa pihak termasuk dengan penyelenggara DS am Pengawas Pemilu, Rabu(04/09/2024) di ruang media center Mapolres Sekadau.

SEKADAU-FAKTAPAGI.COM. Sebagai bagian dari pelaksanaan Operasi Mantap Praja Kapuas 2024, Polres Sekadau menggelar kegiatan Coffee Morning bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pihak yang menyelenggarakan Pilkada. Coffe Morning tersebut sebagai upaya pendekatan kepada KPU agar semua tahapan Pilkada bisa berjalan aman dan lancar. Kegiatan tersebut, Rabu (04/09/2024)di ruang Media Center Polres Sekadau.

Dalam sambutannya, Kompol Bakri sebagai Karendal Operasi Mantap Praja tahun 2024 menyampaikan, bahwa kegiatan Caffe Morning ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi dalam menjaga situasi yang aman dan kondusif selama Pilkada di Kabupaten Sekadau. Ia menggarisbawahi bahwa komitmen Polri dalam menjaga netralitas dan menghindari potensi benturan akibat perbedaan pilihan politik.

"Koordinasi yang solid antara Polres hingga Polsek sangat krusial, terutama dalam menjaga netralitas. Kami akan terus memantau dan memastikan tidak ada pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada," kata Bakri.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol kabupaten Sekadau, Sapto Utomo, juga memberikan pandangannya mengenai pentingnya menjaga netralitas pada semua tingkatan, baik di Polri, penyelenggara Pilkada maupun Aparatur Sipil Negara serta instansi terkait lainnya. 

"Netralitas adalah kunci utama dalam menjaga keamanan dan kepercayaan masyarakat terhadap proses Demokrasi," kata Sapto.

Sementara itu di tempat yang sama salah seorang anggota Komisioner KPU kabupaten Sekadau, Nursoleh, menyampaikan, bahwa pihaknya telah melakukan konsolidasi dengan badan adhoc untuk memperkuat integritas dan netralitas penyelenggara. 

"Kami terus menggelorakan semangat netralitas demi terciptanya harmonisasi dan transparansi dalam setiap tahap Pilkada," ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Marikun Ketua Bawaslu Sekadau, dirinya menyambut baik inisiatif Coffee Morning, ia menyarankan agar kegiatan serupa dilakukan pada tingkat Polsek dan Panwascam serta PPK. Ia juga mengingatkan kepada pihak penyelenggara untuk selalu menjaga profesionalitas dan keterbukaan dalam menjalankan tugas.

"Dalam waktu dekat, Bawaslu dan KPU akan memberikan pembekalan khusus kepada penyelenggara di tingkat kecamatan, memastikan agar setiap informasi tersampaikan dengan baik dan menjaga integritas proses Pilkada," katanya.

Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat sinergi antara Polres Sekadau, Kesbangpol, Bawaslu, dan KPU dalam menjaga keamanan dan netralitas Pilkada 2024, sehingga proses demokrasi dapat berjalan dengan lancar dan damai.

Hadir pada acara tersebut Muhammad Sandi anggota Komisioner Bawaslu, Kaposko, Kasatgas, dan Kasubsatgas Operasi Mantap Praja Kapuas Polres Sekadau.(Tar/wos)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments