Tinjau Tanah Longsor, Aron Minta BPBD Hitung Biaya Perbaikan. - Faktapagi.com

Rabu, September 25, 2024

Tinjau Tanah Longsor, Aron Minta BPBD Hitung Biaya Perbaikan.

Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Sekadau Aron-Subandrio saat meninjau jalan yang terkena longsor, Rabu (25/09/2024) di Kampung Tebal desa Mungguk.

SEKADAU-FAKTAPAGI.COM. Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan wakil Bupati Sekadau Aron,SH dan Subandrio,SH.MH  usai mengukuhkan tim pemenangan di Rumah Adat Melayu, langsung melihat dari dekat bencana tanah longsor di Kampung Tebal Desa Mungguk kecamatan Sekadau hilir, Rabu (25/09/2024) siang.

Kepada para awak media, Aron mengatakan, dirinya mesti dalam cuti sebagai Bupati, tetapi ia meminta kepada kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Sekadau untuk menghitung biaya pemulihan perbaikan badan jalan yang ikut longsor tersebut.

"Saya sudah hubungi kepala BPBD kabupaten Sekadau untuk menghitung biaya perbaikan longsor tersebut, apabila masih bisa dijangkau biayanya saya minta ditangani segera," katanya.

Tetap apabila biaya memerlukan dana cukup besar,maka kita akan gunakan dana APBD maupun dana dari APBN khusus Penanggunglangan Bencana.

Karena lanjut dia, kejadian longsor itu termasuk dalam kategori bencana,karena longsor itu terjadi akibat tingginya intensitas hujan di wilayah tersebut. Lagipula jalan tersebut lalu lintasnya cukup padat.

Ia juga menyarankan agar kepada warga yang tinggi bantaran sungai untuk tidak membangun rumah yang permanen di sekitar areal yang mudah longsor, sebab jika longsor terjadi tentu saja mengalami kerusakan hebat.Jika rumah tersebut nilainya cukup mewah, maka memerlukan biaya besar untuk perbaikan," sarannya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Subandrio,Jefray Raja Tugam, Handi, Yodi Setiawan, serta berapa pihak lainnya.(tar).


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments