Kunjungi SMKN 1 Sekadau, Kapolres Berikan Edukasi Adan Motivasi kepada Siswa-Siswi. - Faktapagi.com

Kamis, Oktober 17, 2024

Kunjungi SMKN 1 Sekadau, Kapolres Berikan Edukasi Adan Motivasi kepada Siswa-Siswi.


Kegiatan edukasi dan motivasi dari polres dan pihak terkait lainnya kepada siswa -siswi SMK Negeri tentang perilaku positif bagi  anak-anak kos, Rabu (16/10/2024) di Aula SMKN Keling Kumang.

SEKADAU-FAKTAPAGI.COM. Kapolres Sekadau, AKBP I Nyoman Sudama, kembali memberikan edukasi dan motivasi kepada para siswa -siswi yang tinggal di rumah kos-kosan. Kali ini, kegiatan serupa kemna dilaksanakan secara menyeluruh di Aula SMKN 1 Sekadau, Rabu (16/10/2024) Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir.

Kegiatan diawali dengan makan siang bersama para siswa, sehingga terciptanya suasana yang hangat dan penuh keakraban. 

Dalam sambutannya Basep Kepala Sekolah SMKN 1 Sekadau, menyampaikan apresiasinya kepada Kapolres dan jajarannya yang telah sudi berkunjung dan memberikan pembinaan kepada pelajar yang tinggal di rumah kos. 

“Kami merasa terbantu dengan acara yang digelar hari ini, karena sangat membantu para guru dalam membina siswa," katanya.

Karena lanjut dia tidak dapat di pungkiri hampir 80 persen para siswa-siswi yang sekolah di SMK Negeri tinggal di kos-kosan sekitar sekolah. "Jadi, perlu ada edukasi seperti yang dilakukan oleh pihak kepolisian resort Sekadau," kata Basep.

Ditempat yang sama.Kapolres Sekadau AKBP I Nyoman Sudama Sudama sambutanya menjelaskan, bahwa kegiatan ini bertujuan mendekatkan diri dengan masyarakat, khususnya para pelajar, agar mereka bisa menjadi Sahabat Polri. Pada kesempatan itu ia menekankan bahwa setiap siswa -siswi harus memiliki cita-cita karena inilah sejatinya tujuan dari mengikuti pendidikan. "Kalian ketika ingin mengikuti pendidikan harus tanamkan cita-cita di dalam hati, karena jika kalian sudah punya cita-cita makan jauhi kegiatan yang sifatnya negatif," katanya Dama. 

Sebab lanjut dia, jika sekolah hanya untuk hura-hura kasian orang tua kalian yang setiap hari pontang-panting mencari uang untuk membiayai sekolah kalian. "Jadi belajar itu kewajiban kalian untuk membalas kerja keras para orang tua dikampung, jangan salah arah dalam hidup kalian," sarannya.

Sebagai pelajar lanjut Dama, kalian harus optimis jangan pesimis, memang untuk mengejar cita-cita itu perlu kerja keras, tapi yakinlah kalian pasti bisa. "Kuncinya hanya satu yakni kalian harus mampu melewati semua tantangan yang ada," sarannya lagi.

Ia juga mengingatkan agar para siswa-siswi bisa memilih tempat tinggal seperti lingkungan dan pergaulan yang sehat, apalagi yang tinggal di kos-kosan. Jika ditarik dari segi positifnya anak kos sebetulnya baik, karena di situ kita di didik untuk mandiri karena jauh dari keluarga dan sanak saudara. Tetapi apabila kita salah langkah apalagi lingkungan tempat kita tinggal kurang baik, maka kita akan terjerumus kedalam hal-hal yang kurang menguntungkan.

"Fenomena seperti ini pasti terjadi, jadi bentengi diri dengan cara mendekatkan diri pada Tuhan, dan beribadah setiap Jum'at, hari Mingu bagi yang Kristen serta hari lain bagi yang beragama lain," ingatnya.

“Walaupun cita-cita tinggi, pengaruh lingkungan sangat dominan terhadap perubahan perilaku kita. Jika berada di lingkungan yang positif, maka masa depan kita juga akan cerah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Sekadau, Martinus Ridi, menyampaikan pentingnya pembekalan kepada para pelajar yang tingal dikos-kosan tentang cara hidup dan berinteraksi di lingkungannya.

Ia mengaku prihatin dengan beberapa kasus yang cukup meningkat akhir-akhir ini, seperti kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, termasuk kasus pencurian dan kenakalan remaja. 

Untuk itu ia mengimbau agar pelajar SMKN 1 Sekadau, bisa menjadi pelopor dan menjadi anak kos yang baik

“Kita harus melawan berbagai masalah seperti perkelahian, Narkoba, Bullying, dan seks bebas, agar masa depan anak-anak tidak suram,” ingatnya.

Pada sesi diskusi, beberapa pelajar menunjukkan antusiasme mereka dengan menanyakan berbagai hal terkait tugas polisi serta persyaratan untuk menjadi anggota Polri. 

Kegiatan ini diharapkan tidak hanya mempererat hubungan antara polisi dan masyarakat, tetapi juga membekali para pelajar dengan pengetahuan dan motivasi untuk mencapai masa depan yang lebih baik.

Acara tersebut dihadiri oleh  Kasat Binmas Polres Sekadau IPTU Koderi, Kabid Perlindungan Anak Dinas Sosial Sekadau Hadi Petronela Eli, serta Kepala Sekolah SMKN 1 Sekadau, Basep.(Tar).

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments