Lalulintas Kendaraan di Ruas Jalan Belitang - Belitang Hulu Baik-Baik Saja. - Faktapagi.com

Sabtu, Oktober 19, 2024

Lalulintas Kendaraan di Ruas Jalan Belitang - Belitang Hulu Baik-Baik Saja.

 

Kondisi lalu lintas jalan menuju Belitang Hulu, pada titik pembangunan Box Culvert di SP 5 Desa Menua Prama. Foto ini di ambil Jum'at (18/10/2024)

SEKADAU-FAKTAPAGI.COM.Informasi mengenai kerusakan ruas jalan penghubung antar Kecamatan Belitang dan Belitang Hulu,di media sosial beberapa hari terakhir menuai kritik seperti hanya hoaxs. Untuk melihat langsung kondisi lapangan, Jumaat (18/10/2024) media ini turun ke lokasi yang dimaksud.

Sesampainya di tempat tujuan, tidak terlihat adanya antrian kendaraan yang menonjol, lalulintas kendaraan roda empat baik keluarga maupun angkutan barang, Tandan Buah Sawit (TBS) hasil kebun serta sepeda motor terpantau lancar dan aman.

Meskipun, ada pembangunan box culvert di titik yang dimaksud, memang terdapat sedikit adanya badan jalan dari timbunan tanah kuning yang mengalami kerusakan.namun masih tetap dapat dilintasi kendaraan dan orang. 

"Masih  bisa dilewati, pelan saja, dan harus sabar jika dibelakang kendaraan lain," kata Albet, warga SP 5 Desa Menua Pratama Kecamatab Belitang ditemui media ini saat melintas. 

Albet merupakan warga setempat yang berprofesi sebagai petani kelapa sawit. sehari - hari, ia melintasi jalan ini dengan mobil pick up yang dipergunakan untuk angkutan TBS

Ia mengakui, jika pada minggu - minggu lalu, paska dilaksanakan perbaikan gorong - gorong dibawah badan jalan ini, sisa timbunan tanah dibadan jalan menjadi lembek akibat tersiram hujan dalam beberapa hari. 

Akibatnya, sejumlah kendaraan roda empat dan dua harus bergantian melintasi titik perbaikan box Culvert ini. 

"Sekarang cuaca panas, tanah dibadan jalan keras tidak ada kemacetan atau antrian kendaraan melintas," timpalnya. 

Meski demikian, Albet menyampaikan terimakasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Sekadau. melalui Dinas teknis, ruas jalan dan jembatan telah di memperbaiki. Karena jika tidak dipasang Box Culvert jika hujan air dari sungai meluap ke jalan, sekarang sudah ada saluran air yang representatif.

"Namun, karena ada aktifitas pembangunan pasti belum lancar, hal biasalah," tukasnya.

Hal Senada dikatakan Riki, warga Belitang ditemui media ini mengaku adanya perkembangan ekonomi yang pesat dimasyarakat Belitang dan Belitang Hulu dalam beberapa tahun terakhir. 

Hal ini tidak terlepas dari membaiknya infrastruktur jalan dan jembatan yang fital bagi masarakat dalam beraktifitas, bekerja dan berusaha. 

"Jalan kami sudah bagus, sudah diaspal, jembatan yang rusak diperbaiki,kami sebagai masarakat jadi lancar dalam mengangkut hasil kebun," ungkap Riki 

Daerah yang rentan terendam banjir telah di timbun untuk peningkatan badan jalan. dibagian bawah juga dibangun box Culvert untuk memperlancar saluran air sehingga tidak mengenangi badan jalan. 

Pembangunan badan jalan dan jembatan box Culvert ini dibagun oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dari Dana Bagi Hasil (DBH) perkebunan sawit perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Sekadau. 

Anggaran tersebut masuk  dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun anggaran 2024 dengan titik pengerjaan simpang SP8 sampai pada Kumpang Ilong Kecamatan Belitang Hulu.(tar)


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments