Mantap !!! Warga Sudah Mulai Beralih Untuk Bertani Secara Modern. - Faktapagi.com

Rabu, Oktober 16, 2024

Mantap !!! Warga Sudah Mulai Beralih Untuk Bertani Secara Modern.

Lahot salah satu warga Kesiak desa Meragun saat mengolah Sawah mengunakan Hand Traktor, foto ini di ambil (15/10/2024) siang.
SEKADAU-FAKTAPAGI.COM. Masyarakat petani kabupaten Sekadau kini secara pelan-pelan sudah mulai beralih untuk bertani secara modern,. mereka sudah mulai mengolah sawah dengan mengunakan Hand Traktor, hal ini dilakukan oleh Lahot salah seorang warga dusun Kesiak Desa Meragun kecamatan Nanga Taman.

Pemerintah kabupaten Sekadau sudah menyediakan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk para petani.

"Jadi kami mulai memanfaatkan sarana yang di beri oleh pemerintah zaman kepemudaan Aron-Subandrio," kata Lahot kepada awak media,Selasa (15/10/2024) siang. Dulu kita cara  membabat hutan dan membakar lahan  untuk menanam padi, sekarang kita sudah mencetak sawah dan mengunakan Hand Traktor untuk mengolah lahan untuk ditanami padi.

"Hasil panennya pun cukup memuaskan," ujarnya

Menurut dia,Kabupaten Sekadau memiliki potensi pertanian yang sangat besar, potensi ini tidak hanya berkontribusi pada Ketahanan Pangan Lokal, tetapi juga memiliki peluang untuk dikembangkan menjadi komoditas ekspor yang bernilai.

Untuk mendukung petani, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau juga mengadakan berbagai pelatihan dan penyuluhan. Tentang teknik pertanian modern dan penggunaan teknologi tepat guna agar produktivitas meningkat,demi kesejahteraan petani di kabupaten sekadau.

Pantauan awak media ini dilapangan menunjukan,artinya di era kepemimpinan Aron-Subandrio ini kerja nyata sudah sangat terlihat, petani juga bisa merasakan langsung dampaknya, disamping infrastruktur juga sudah mulai lancar, akses masyarakat dari desa kota antar desa ke desa lainnya juga lancar.(tar)


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments